Friday, January 6, 2012

Permen Jeli Jamur Tiram

tiram1.gif
Jamur Tiram buka lagi merupakan makanan “asing” bagi masyarakat Indonesia. Tetapi memang pemanfaatanya masih terbatas sebagai olahan pendamping nasi saja. Padahal dilihat dari kandungannya termasuk jamur pangan potensial yang mempunyai nilai gizi tinggi, dengan kandungan senyawa aktif mampu mengendalikan kesehatan manusia. Kandungan protein jamur tiram rata-rata 3,5-4% dari berat basah.
Jamur tiram juga mengandung sembilan asam-asam amino esensial yang tidak bisa disintesis dalam tubuh yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin. Kandungan lemak jamur tiram setidaknya 72% dari total asam-asam lemaknya adalah asam lemak tidak jenuh. Jamur tiram juga mengandung sejumlah vitamin penting terutama kelompok vitamin B, vitamin C dan provitamin D, dan meupakan sumber mineral yang baik, Kandungan mineral utama yang tertinggi adalah kalium (K), kemudian fosfor (P), natrium (Na), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Namun, jamur juga merupakan sumber mineral minor yang baik karena mengandung seng, besi, mangan, molibdenum, kadmium, dan tembaga. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Mg mencapai 56-70 persen dari total abu, dengan kandungan kalium sangat tinggi mencapai 45 persen.
Jamur Tiram ini bisa diolah sebagai camilan atau makanan ringan yang pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Nah tunggu apalagi selain kandungan gizinya yg sangat tinggi , jamur ini berprospek dijadikan sebagai peluang bisnis makanan kecil..Selamat mencoba….
PEMBUATAN PERMEN JELI JAMUR TIRAM
Bahan dan alat:
  1. Jamur Tram 50 g
  2. Gula pasir 100 g
  3. Gelatin 20 g
  4. Air 100 g
Alat:
  1. Panci
  2. Kompor
  3. Pengaduk
  4. Loyang
  5. Pisau
Cara membuat:
  1. Jamur tiram direbus hingga masak kemudian blender dengan air secukupnya.
  2. Masukkan gula pada panci dan tambahkan jus jamur (jamur yg sudah diblender) sebanyak 100 ml.
  3. Rebus dalam panci hingga mendidih dan mengental
  4. Tambahkan gelatin yang sudah dilarutkan dalam air.
  5. Aduk terus hingga kental (cairan jika diangkat dengan pengadung hanya menetes pelan.
  6. Angkat dari kompor setelah agak dingin tuangkan ke dalam loyang.
  7. Biarkan selama semalam
  8. Potong sesuai ukuran yang dikehendaki kemudian lepaskan dari loyang.
  9. Jika diinginkan permen dapat ditaburi dengan gula halus.
  10. Permen siap dikemas.

No comments:

Post a Comment